Lontong isi sayur gurih~simple

Puasa hari kedua. Si mamah pengen bikin lontong untuk buka puasa. Ga wah sih, tapi semoga bisa bermanfaat dan berbagi resep 

Bahan-bahan

30 buah

  1. 1 liter beras
  2. 4 batang Daun pisang (ambil daunnya dan potong sekitar 10*15 cm
  3. 2 gelas air (biasanya diukur pakai ujung jari 1,5 ruas)
  4. 1 Sdt garam
  5. 5 buah kentang (diparut kasar)
  6. 5 buah wortel (diparut agak lembut)
  7. 250 ml Minyak goreng
  8. Bumbu isi:
  9. 3 buah cabai merah (iris sesuai selera)
  10. 2 siung bawang merah (iris tipis)
  11. 2 siung bawang putih (iris tipis)
  12. 2 Bks Masako
  13. 1 Bks ladaku
  14. 2 lembar seledri dan daun bawang iris tipis

Langkah

  1. Cuci beras hingga bersih. Masukkan ke dalam panci untuk ngaronin nasi Lalu tuang airnya (ukur seujung jari telunjuk) tambahkan 1 sdt garam. tunggu hingga air surut lalu aduk rata  
  2. Tumbuk berkali2 nasi Aron hingga cukup lembut atau butiran nasi sudah tidak berbentuk  
  3. Buat untuk isi lontong : panaskan minyak goreng, lalu tumis cabai, bawang merah dan bawang putih sampai wangi. Masukkan sayuran kentang dan wortel yang sudah diparut lalu tambahkan 1,5 bungkus masako. Beri 1 bungkus ladaku. Taburkan seledri dan daun bawang lalu oseng2 hingga sayurannya matang. Ga tau kurang garem aap nggak karna lagi shaum. Hehe. Kondisikan aja ya bun  
  4. Siapkan daun pisang yang sudah dipotong dengan ukuran yang sama, lap hingga bersih.  
  5. Ambil 1,5 sendok adonan nasi Aron lalu bubuhkan sayurannya ditengah. Kemudian tutup dgn nasi hingga berbentuk lonjong rapi agak ditekan2. Lalu lipat daunnya seperti lontong pada umumnya.  
  6. Lontong siap di kukus selama 30menit.  
  7. Dinginkan dibawah kipas atau bisa didiamkan agar tidak basah. Taraaa Lontong isi sayur gurih siap disantap dengan sambal kacang, cabai rawit atau saus. Tunggu adzan yaa

Trancam Timun Simpel

Jadi ceritanya mam Sur mau masak sambel tumpang. Nah, minta tolong si mbag buat beliin kelapa parut buat santan. Terus si doi gak paham kalau kelapanya yg dia beli masih muda. Alamat gak kepakailah si kelapa. Yaudin… Mumpung di kulkas ada bahan buat trancam yaaaa langsung eksekusi sajooo dweh, meskipun bahan seadanya 💖 Jadi tetep bermanfaat si kelapa muda.

Bahan-bahan

5 porsi standar

  1. 1 buah timun segar
  2. 2 sisir tempe
  3. 1/4 kelapa muda parut
  4. Kemangi
  5. Bumbu Halus
  6. 5 buah Cabe rawit
  7. 3 siung bawang putih
  8. 1 buah Cabe kriting
  9. secukupnya Garam
  10. secukupnya Gula
  11. secukupnya Kencur
  12. Air putih
  13. sesuai selera Terasi udang

Langkah

15 menit

  1. Siapkan semua bahan-bahan  
  2. Potong tempe lalu goreng  
  3. Sambil menunggu tempe matang, haluskan bumbu  
  4. Kupas timun, cuci dengan air bersih. Lalu potong cacah ❤️. Ambil kemangi, cuci dan potong halus.  
  5. Potong dadu tempe yang sudah di goreng tadi ke dalam wadah. Masukkan bumbu halus, kemangi yang sudah dipotong halus, timun, parutan kelapa muda. Tambahkan garam dan air secukupnya. Aduk rata. Koreksi rasa. Siap disajikan 

Lodeh Terong Bakar

Assalamu’alaikum moms & girls.. . 
Selamat Menunaikan IBadah Puasa, bagi yg menjalankan.. . 
Selamat sore menjelang petang.. .😊 
Nunggu bedug nihhh.. .Alhamdulillah dah kelar masak, sore ni masak yang berkuah santan kesukaan suami..

Bahan-bahan

  1. 2 buah terong uk sedang
  2. 3 buah tahu kotak
  3. 1 ikat daun melinjo
  4. 1500 ml santan kekentalan sedang
  5. Bumbu dihaluskan:
  6. 5 siung bawang merah
  7. 2 siung bawang putih
  8. 7 siung cabe rawit
  9. 1 butir kemiri
  10. 1 batang serai digeprek
  11. 1 ruas jari lengkuas digeprek
  12. 3 lembar daun salam segar
  13. 1 sdm garam
  14. 1/2 sdt gula pasir

Langkah

  1. Cuci terong, kemudian potong memanjang. Bakar menggunakan teflon, sampai layu, sisihkan.  
  2. Tumis bumbu halus,tambahkan bumbu lain sampai harum.  
  3. Masukan tahu,aduk. Kemudian tuang santan, rebus sampai mendidih,sambil diaduk agar santan tidak pecah. Tambahkan terong bakar,garam,gula pasir,aduk, koreksi rasa.  
  4. Terakhir,masukan daun melinjo masak sampai layu.

Pecel Terong

Suami hari ini minta dimasakin Pecel Terong buat buka Puasa, ibu mertua suka masak ini kangen masakan ibu katanya. Pulang kantor mampir beli terong, gak dapat terong ungu yang besar akhirnya pake terong hijau 

Bahan-bahan

2 porsi

  1. 2 buah Terong Ungu
  2. 2 butir telur rebus
  3. 200 ml Santan
  4. secukupnya Kemangi
  5. Bumbu Halus
  6. 3 bh Cabe merah besar
  7. 5 bh Cabe rawit (sesuai selera)
  8. 1 cm kencur
  9. 5 btr kemiri
  10. secukupnya Garam
  11. secukupnya Gula

Langkah

  1. Masak santan sampai mendidih sisihkan  
  2. Terong setelah di cuci belah jadi dua dan bakar/goreng/rebus sampai matang (saya suka dibakar)  
  3. Uleg bumbu sampai halus dan penyet terong dan telur di bumbu uleg  
  4. Masukkan Terong, telur yg sudah dipenyet dan bumbu uleg ke dalam piring tuang santan di atasnya, jangan lupa koreksi rasa dan tambahkan kemangi di atasnya

Sayur lodeh tanpa santan

Modifikasi dari sayur lodeh yang tanpa santan,, menu buat buka dan sahur,, menggunakan sayur wortel sebagai vitamin A

Bahan-bahan

  1. 1 buah wortel
  2. 1/4 kikil sapi
  3. 1 batang daun bawang
  4. 2 buah tahu putih
  5. 3 buah cabe hijau
  6. 1 lt air untuk merebus
  7. Bumbu halus :
  8. 4 siung bawang merah
  9. 2 siung bawang putih
  10. 2 butir kemiri
  11. 1 sdt ketumbar
  12. 3 cm kunyit
  13. 2 buah cabe merah besar
  14. 2 buah cabe rawit
  15. secukupnya Penyedap
  16. 2 sdm garam, dan 1 sdm gula pasir
  17. 1 sdm minyak untuk menumis
  18. Bumbu Cemplung :
  19. 1 buah serai geprek memarkan
  20. 2 buah daun jeruk
  21. 2 buah daun salam

Langkah

  1. Siapkan dan cuci semua bahan, dan potong”bahan yang telah disiapkan, saya memotong kikil kotak”, dan memotong wortel menggunakan pisau bergerigi biar berkarakter, daun bawang dan cabe hijau di potong serong  
  2. Ulek bumbu halus, atau menggunakan food procesor juga bisa, selanjutnya ditumis menggunakan bumbu cemplung sampai harum  
  3. Rebus air sampai mendidih, masukkan wortel tunggu hingga agak lunak, masukkan kikil sapi, lalu masukkan bumbu yang sudah ditumis, masukkan tahu, cabe hijau, dan daun bawang  
  4. Tunggu beberapa menit, hingga bumbu meresap, cicipi rasa bila ada yang perlu ditambahkan, matikan api, siap untuk dihidangkan.

Sayur tahu campur ikan teri

Bingung mau masak apa, tempat jualan sayurnya pada tutup semua, pasar jauh. Kebetulan ada kang tahu lewat, mikir mau di masak kuah kuning pakein santan. Dan Alhamdulillah anakku juga suka banget.

Bahan-bahan

  1. 1 bungkus tahu kuning
  2. 1 ons telor puyuh
  3. 1 sosis UK jumbo
  4. 4 cabe gendot(besar)
  5. Santan kara UK kecil
  6. Garam
  7. Gula
  8. Kaldu bubuk
  9. Bumbu:
  10. Sedikit kunyit
  11. Lada
  12. Bawang merah
  13. Bawang putih
  14. Kemiri
  15. Daun salam
  16. Sereh
  17. Jahe
  18. Lengkuas
  19. Daun jeruk(kalo ada)

Langkah

  1. Goreng tahu, rebus telor puyuh. Sisihkan..  
  2. Sambil nunggu bahan2 matang, ulek bumbu halus lalu tumis hingga harum..  
  3. Tambahin air, masuk semua bahan, tunggu sampe mendidih.. tambah garam, gula putih, kaldu bubuk.. tes rasa. Masukan santan.. aduk2 supaya GK pecah.  
  4. Sayur tahu siap di sajikan..  

Tongseng Ayam Pedas Manis

Sambut bedug maghrib dengan do’a dan tentunya hidangan berbuka sudah harus siap di meja makan menu berbuka atau santap sahur kali ini adalah #AhlinyaAyam tongseng ayam pedas ladzidz, in syaa Alloh masaknya mudah, gampang dan ga pake ribet siap ya bu ibu untuk pantengin resepnya!

Bahan-bahan

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 1/4 kubis atau kol
  3. 4 batang bawang daun
  4. 4 butir cabe rawit
  5. 1/2 butir tomat
  6. Minyak untuk menumis
  7. 2000 ml air
  8. Bumbu halus
  9. 3 siung bawang merah
  10. 2 siung bawang putih
  11. 1 ruas kunyit
  12. 3 cabe merah keriting
  13. 1/2 sdt ketumbar
  14. 1 butir kemiri besar
  15. Bumbu pelengkap
  16. Kecap manis
  17. 1 bungkus santan *a*a ukuran kecil
  18. Garam, gula, kaldu bubuk
  19. Merica bubuk
  20. Daun salam
  21. Daun jeruk
  22. Laos
  23. Sereh

Langkah

  1. Cuci bersih ayam kemudian potong-potong ukuran kecil  
  2. Kubis atau kol, bawang daun, tomat, cabe rawit setelah dicuci bersih potong-potong, sisihkan  
  3. Haluskan bumbu, kemudian siapkan wajan isi minyak secukupnya lanjut tumis bumbu sampai harum, masukkan aneka bumbu rempah,  
  4. Masukkan ayam aduk sampai ayam berbalut bumbu tambahkan air, masak sampai ayam empuk,  
  5. Setelah ayam empuk masukkan kol, bawang daun, tomat, cabe rawit yang sudah diiris tadi tambahkan santan kecap garam gula kaldu bubuk, cek rasa  
  6. Setelah semua bahan matang, matikan kompor tambahkan merica bubuk angkat  
  7. Tongseng ayam pedas ladzidz siao dihidangkan

Opor ayam kuning

Biasanya opor ayam itu dimasak pake ayam buras alias ayam kampung. Tapi kali ini sy pake ayam ras. Tips agar ayam buras rasanya gurih kya ayam kampung lumuri ayam sebelum diolah dgn taburan tepung terigu sedikit diamkn kurleb 10 mnt lalu bilas dgn air sampai bersih. Siap utk diolah.

Bahan-bahan

  1. 1/2 ekor ayam ras
  2. 250 ml santan kental
  3. 600 ml santan encer
  4. 5 butir bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 3 butir kemiri
  7. 1/2 sdm ketumbar
  8. 1/2 sdt jinten
  9. 1/2 ruas jahe
  10. Seruas lengkuas digeprek
  11. Seruas kunyit
  12. 1 btg serai digeprek
  13. 2 lbr daun salam
  14. Minyak goreng utk menumis
  15. seperlunya Garam gula kaldu bubuk

Langkah

  1. Lumuri ayam yg sdh bersih dan dipotong (sy potong 6) dgn perasan jeruk nipis sesaat kemudian cuci bersih kembali. Utk mengurangi kadar lemak ayam ras sy kukus ayam kurleb 5 mnt. Sisihkan  
  2. Haluskan bamer baput jahe dan kunyit. Sebelumnya sangrai kemiri ketumbar jinten sebentar lalu haluskan bersama bumbu di atas.  
  3. Tumis dgn sedikit minyak bumbu halus masukkan lengkuas dan serai yg sdh digeprek tadi cemplung juga daun salam. Tumis sampai harum kemudian masukkan potongan ayam, beri sedikit air biarkan sambil diaduk sesaat agar bumbu meresap  
  4. Rebus daging ayam dgn santan cair sampai empuk.  
  5. Masukkan santan kental, aduk agar santan tdk pecah. Beri garam gula dan sedikit bubuk kaldu (bila suka) koreksi rata. Biarkan sampai mendidih dan keluar minyak dgn sempurna, angkat.  
  6. Hidangkan opor ayam dgn menaburkan bawang merah goreng..

Arem-arem isi sayur

Buka pusa yg padat dan g berminyak 
Kita bikin nasi bungkus isi sayur hiar g usah pake gorengan lg,cukup ditemenin teh manis…mari kita ke dapur.

Bahan-bahan

  1. 1 lt Beras.
  2. 200 ml Santan encer.
  3. 2 biji Kentang.
  4. 3 batang Wortel.
  5. 2 batang Daun bawang
  6. bungkus Daun pisang untuk
  7. Bumbu untk isi
  8. 3 siung Bawng putih.
  9. 1 bungkus Bumbu kaldu ayam
  10. Garam

Langkah

  1. Beras cuci bersih lalu tambahkan air(spt kl kita msu masak nasi) masak pake magic com,sampe tombol warm nysla matikan  
  2. Ssmbil nunggu nadi mateng kita bikin isinya…potong dsdu wortel dan kentang,tumis dng bwng putih sampe harum lalu masukkan wortel dan kentang potongnya aduk sampe rata tsmbahkan air sedikit aj aduk lg dan cek rasa sisihkan.  
  3. Nasi yg sudah 1/2 msteng taruh dlm wadah yg tebal kemudisn tambahkan santan yg sudah direbus terlebih dahulu,lalu ditumbuk,kl dudah cukup rata kita taruh di daun pisang dan diisi dng sayurnya lalu bungkus sampe adonan nasi habis.  
  4. Kukus kira2 30 menit,dudah mateng dinginkan dulu baru kita santap dng sambal kacang kl suka.

Tongseng Ayam Terenak

Pingin banget buat tongseng yg gak pedas. Habis kalau beli selalu pedas, anak-anak gak bisa makan dech. Ya uda bikin aja sendiri 

Bahan-bahan

  1. 1 dada ayam filled
  2. 1/4 kol (dari kol sedang)
  3. 4 buah tomat kecil
  4. 3 lb daun jeruk
  5. secukupnya Gula
  6. secukupnya Kecap
  7. secukupnya Air
  8. Penyedap secukupnya (boleh skip)
  9. Bumbu halus:
  10. 6 siung bawang merah
  11. 4 siung bawang putih
  12. 3 butir kemiri utuh
  13. 1 ruas kunyit
  14. secukupnya Merica
  15. 2 sdt ketumbar
  16. secukupnya Garam
  17. Boleh tambahkan:
  18. Cabai besar dan kecil kalau suka pedas ya 😁

Langkah

  1. Tumis bumbu halus ke dalam minyak panas sampai harum. Masukkan daun jeruk juga.  
  2. Masukkan ayam yang sudah dipotong dadu. Tumis sampai berubah warna. Tambahkan air. Masukkan semua bumbu. Tunggu sampai agak empuk  
  3. Masukkan kol, masak setengah layu dan masukkan tomat. Koreksi rasa. Biarkan beberapa saat dan selesai.  
  4. Selamat menikmati