Tempe Bacem

Another menu anti ribet yang lagi2 bisa distock nih moms, yup tempe bacem. Kebetulan di rumah kalo disuruh pilih tahu atau tempe semua lebih pilih tahu. Tapi kalo dibuat tempe bacem gini pada doyan banget. Aku biasa buat dalam porsi besar terus simpan di chiller. Porsi besarnya keluarga ya segini, hehehe. Lumayan moms jadi lauk pendamping sahur, buka puasa, atau kalo lagi males masak, tinggal goreng aja.

Bahan-bahan

500 gram

  1. Bahan
  2. 500 gr (1 lonjor) tempe
  3. Bumbu Halus
  4. 1 sdt ketumbar
  5. 1/2 sdt lada
  6. 6 siung bawang merah
  7. 3 siung bawang putih
  8. 2 cm kunyit ukuran sedang
  9. 3 cm lengkuas ukuran sedang
  10. Bumbu Lainnya
  11. 3 lembar daun salam
  12. 50 gr gula merah, sisir
  13. 3 sdm kecap manis
  14. 1 sdt garam
  15. 250 ml air kelapa (aku pakai hydro coco)

Langkah

60 menit

  1. Potong tempe setebal 1 cm atau sesuai selera, kerat2 kedua sisinya.  
  2. Siapkan wajan lalu masukkan tempe, bumbu halus dan semua bumbu lainnya.  
  3. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk.  
  4. Masak hingga air menyusut. Angkat dan dinginkan (simpan dalam wadah kedap udara dan bisa dimasukkan ke dalam chiller hingga 2 minggu).  
  5. Jika ingin dikonsumsi, goreng dengan api kecil hingga berubah warna semakin cokelat.

Tengkleng Kambing Terenak

Kemaren abis aqiqah ponakan. Sate kambingnya masih buanyaak… Di maem biasa boseen… So budhe cuzzz ke dapur bikin tengkleeeng yummy, endeuss dan pedes… Gak pake lamaaa tengkleng na pun langsuung ludessss¬†

Bahan-bahan

  1. 40 tusuk sate kambing
  2. 8 bh bawang putih geprek cincang halus
  3. 8 bh bawang merah cincang halus
  4. 10 bh rawit merah potong serong
  5. 10 bh lombok merah potong serong
  6. 15 bh rawit merah utuh
  7. 2 bh tomat iris memanjang
  8. secukupnya Garam
  9. secukupnya Gula pasir
  10. secukupnya Kecap manis
  11. secukupnya Lada bubuk
  12. secukupnya Air
  13. secukupnya Minyak goreng

Langkah

  1. Siapkan bumbu bumbu. Lepaskan daging kambing dr tusuknya.  
  2. Panaskan minyak goreng, tumis duo bawang hingga wangi, lalu tambahkan lombok merah dan rawit merah iris. Tumis hingga matang  
  3. Masukkan daging, garam, gula pasir, kecap, lada bubuk dan air secukupnya. Aduk rata dan cek rasa yaa mom  
  4. Tambahkan tomat dan rawit merah utuh. Masak hingga tomat dan rawit agak layu. Setelah itu angkat dr kompor, tengkleng yummy siaap disajikan  
  5. Yipiiii tengkleng yummy na sudah mataang…taburi bawang merah agar tambah nikmaat dan lezaaaat 

Sayur lodeh putih dengan terong ungu

Lagi pengen lodeh terong…tp bosen di bumbu lodeh…bikin yang versi cemplung2 aja wes.lebih praktis dan rasanya lebih segar

Bahan-bahan

  1. Bahan utama
  2. 6 bh terong ungu
  3. 500 ml santan encer
  4. 500 ml santan kental
  5. Bumbu iris/cemplung
  6. 15 bh cabe rawit
  7. 6 bh bawang merah
  8. 2 siung bawang putih
  9. 2 lbr daun jeruk(g usah d iris)
  10. 3 ruas lengkuas
  11. Tambahan
  12. Secukupnya gula,garam dan penyedap

Langkah

15menit

  1. Kupas terong,potong sesuai selera…rendam dengan air + garam agar tidak menghitam.  
  2. Rebus santan encer bersama dengan bumbu cemplung.setelah mendidih masukkan terong.  
  3. Setelah terong empuk tambahkan santan kental.bumbui gula,garam dan penyedap.aduk rata,koreksi rasa…  
  4. Setelah santan mendidih matikan api.lodeh putih terong siap disajikan

Lontong isi oncom gurih

Ini tajil favorit nya masyarakat Indonesia.Lontong isi sama bakwan plus sambel kacang..nikmat sekalih ya bund.Harganya juga murah Rp.1000,- kenyang.yuk bismilah resepnya..

Bahan-bahan

60 biji

  1. Lontong
  2. 1 liter beras
  3. 1 ruas jari telunjuk air
  4. 1/2 ruas jari telunjuk santan
  5. 1 sdm garam
  6. 5 lembar daun pisang
  7. Isian Oncom
  8. 6 papan oncom
  9. 2 ikat daun kemangi
  10. 6 butir bawang merah
  11. 4 butir bawang putih
  12. 15 buah cabe rawit merah
  13. Secukupnya minyak
  14. Secukupnya gula dan garam
  15. Sambel kacang
  16. 250 gr kacang tanah
  17. 5 butir bawang putih
  18. 15 buah cabe rawit merah
  19. Secukupnya minyak,garam
  20. 1 keping gula merah
  21. Secukupnya air hangat

Langkah

120 menit

  1. Masak di magic com beras bersama santan dan garam,tidak sampai nyetek bunyi,kalau sudah empuk,matikan,angkat.  
  2. Garang daun pisang sampai layu,agar tidak mudah patah saat membungkus lontong  
  3. Blender bumbu oncom dengan sedikit minyak.Tumis hingga harum oncom yang sudah di remas-remas masukan daun kemangi,tambahkan gula,garam.  
  4. Gunting daun pisang seukuran 1 jengkal jari tangan sampai habis.Isi 1 sdm nasi pipihkan dengan spatula isi oncom,rekatkan nasi ke samping kiri,rapihkan ujung atas bawah nasi sampai berbentuk lontong,gulung,tutup bagian atas bawah lekuk dikit,tutup.  
  5. Kukus lontong 20 menit,dinginkan.Lontong isi siap dijual dan dinikmati sebagai menu tajil buka puasa  
  6. Membuat sambal kacang.goreng kacang sebentar saja karena kacang mudah gosong.Dinginkan blender dengan cabe,bawang,gula merah.Tambahkan air hangat.Sambal kacang siap disajikan.